Sia-siakah Hidup Kita?

Al-Qur’an yang mulia mengatakan bahwa semua manusia akan menjalani beberapa alam kehidupan. Adapun alam kehidupan manusia yang pertama kali adalah alam roh. Di alam ini lah Tuhan menciptakan roh manusia dengan warna yang putih dan bersih.

Kemudian selanjut manusia memasuki alam kehidupan yang kedua, yaitu itu setelah rohnya itu ditiupkan Allah kedalam rahim seorang ibu. Alam ini disebut juga alam janin.

Setelah cukup waktunya berada di alam janin, maka manusia akan muncul ke alam kehidupan yang ketiga, yaitu alam dunia ini. Di alam ini lah baru manusia mengemban tugas dari Tuhan. Bila manusia sering membangkang dengan tidak melaksanakan tugas yang di bebankan Tuhan ini maka rohnya yang semula putih bersih itu menajdi keruh, bahkan bukan tidak mungkin pula menjadi hitam. Tetapi sebaliknya, bila manusia selalu taat melaksanakan tugas dari Tuhan itu, maka rohnya akan tetap berwarna putih bersih, bahkan tidak mustahil putih bersih mengkilat

Setelah masa penugasan itu berakhir, yaitu saat manusia itu mati, maka manusia akan hidup di alam kehidupan keempat, yaitu alam kubur atau alam barzah. Disinilah semua manusia menunggu komando dari malaikat israfil untuk kembali kealam asal manusia semula, yaitu menghadap kepada Allah SWT. untuk mempertanggung jawabkan sampai sejauh mana ketaatannya dalam melaksanakan tugas yang diperintahkan-Nya itu.

Marilah kita renungkan dengan hati y ang jernih; bagaimana kira-kira perbedaan antara warna roh kita saat kembali kehadirat-Nya dengan warna roh kita ketika pertama diciptakan Tuhan. Bila warna Roh kita pada waktu itu tetap putih, yaitu sama seperti pada saat pertama kali diciptakan Tuhan, apakah hal ini tidak berarti bahwa sia-sia saja kita diterjun ke alam dunia ini ??

“Apakah kalian mengira bahwa kami menciptakan kalian sia-sia, dan bahwa sesungguhnya kalian tidak akan dikembalikan kepada kami ?” Al-Mu’minun:115

“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja” (tanpa pertanggung jawaban) Al-Qiyamah: 36

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s